Senin, 17 April 2017

Carita ti Sisi Kota

Sakapeung hirup teh hayang cicing di leuweung, jauh ti kota, jauh jeung teknologi. Sigana adem ayem mun hirup bareng jeung alam, pepelakan palawija, ngingu hayam jeung mbe. Bakalan awet ngora, moal loba huis.

Katingalina karunya pisan jelema nu hirup di kota, sapopoe dipencet ku gaya hirup, ngudag-ngudag dunya keur neangan isi peujit, komo nu ngudag-ngudag kamewahan mah, meuni ngahalalkeun sagala cara keur neangan harta.

Jelema nu gawe di pabrik, meuni kos robot digawena. Balik gawe cape, langsung sare, hudang sare buru-buru mangkat gawe, da bisi telat. Geus poho weh ka kaluargana.

Nu digawe di pasar meuni ciweuh nyiapkeun daganganna, sakapeung pura-pura someah ka pelanggan da ameh laku daganganna, padahal hatena mah kesel da nu rek meuli teh rarujit tuwar-tawarna.

Nu jadi supir angkot ge sarua ripuh, ti subuh nepi ka peuting bulak balik mawa angkot neangan penumpang, pegel suku pegel bujur neangan receh keur ngudag setoran kanu boga angkot. Komo leuwih watir mun kena rajia ku pulisi atawa kacilakaan angkotna nyenggol gorobag tukang baso, katempuhan weh.

Tukang ojeg sarua wae. Mun panas, kapanasan. Mun hujan, kahujanan. Gugupay ka unggal jelema nu karak turun ti beus atawa angkot, ngarep-ngarep menta diojegkeun. Leuwih apes mun nu numpakna teh begal, ditodong di totoang atawa dirogahala nepi ka maot di sisi jalan, motor jeung dompetna dirampas ku begal goblog.

Aya deui nu digawe di konter servis hape, unggal poe ulukutek jeung hape. Beres nu ieu, datang deui nu itu, da rarusak wae hape teh, moal aya benerna. Tambah jangar sirah mun ngagarap hape nu rusakna kabina-bina, geus digulang-gaper oge angger rusak, da takdirna kudu geus rusak. Leuwih pisebeleun mun aya hape rusak datangna hurung keneh, pas digawean kalah paeh hape teh, tungtungna mah ngagantian saharga hapena, da nu bogana ambek-ambekan wae nungtut menta digantian. Pan sue !

Tah kitu hirup mah mun cicing di kota teh, loba picaritaeun teu ngeunahna. Moal aya tengtremna hirup di kota mah, ripuh jeung ripuh terus. Da hirup di kota mah euweuh deui piliheun, kudu daek itu ieu sanajan kanyataanna peurih. Mun sare wae, lapar, moal aya nu mere kopi kopi acan. Mun gawe wae, rieut, kuat nonggeng-nonggeng ngorehan duit.

Matakan hirup mah meuning di leuweung, cicing jeung maung, jeung monyet, jeung mbe, jeung sajabana. Kadaharan ge tutumbuhan, dangdaunan, jeung beubeuleuman, moal aya kolesterol jahat.

Sakitu weh heula, pandangan ti uing nu kapaksa hirup di sisi kota, mudah-mudahan urang sarerea bisa geura-geura hijrah ka tengah leuweung.

Sabtu, 15 April 2017

Jadwal Aktipitas Sapopoe

04:30 - Solat Subuh
05:00 - Ngawirid
05:30 - Ngahuduk Bi Nyai
06:00 - Maraban jeung Ngencarkeun Hayam
06:30 - Naheur Cai dinu Hawu
07:00 - Ngopi Hideung
07:30 - Nyeuseuh Pakean di Walungan
09:00 - Kuli Macul atawa Tandur di Sawah Batur
12:00 - Solat Lohor
12:30 - Ngopi Hideung jeung Kulub Sampeu
13:00 - Ngangon Mbe
15:30 - Solat Asar
15:50 - Ngawadang
16:15 - Ngarit Jukut
17:30 - Ngampihkeun Mbe jeung Hayam
18:00 - Solat Magrib
18:30 - Ngaji
19:00 - Solat Isa
19:30 - Ngawirid
19:50 - Dahar
20:00 - Ngopi Hideung bari ngadengekeun Radio Butut
21:30 - Sare
02:00 - Solat Tahajud
02:30 - Sare Deui

Sabenerna Mah

Sabenerna mah urang teh geus hoream tulas tulis di blog, horem pustang posting di media sosial, tara aya nu merhatikeun.

Sabenerna mah urang teh teu bisa nanaon, ngan bisa gogoleran bari ngopi jeung udud.

Sabenerna mah urang teh hayang boga pamajikan, tapi hoream bobogohan, teu boga duit, teu boga kawani.

Sabenerna mah urang teh hayang jadi petani, tapi hoream bebelokan di sawah jeung sieun oray kadut.

Sabenerna mah urang teh hayang pisan jadi jelema soleh, getol solat, getol ngaji. Tapi hoream ka cai na.

Sabenerna mah urang teh hayang ngarantau jauh ka luar negri, tapi hayang jeung abah jeung si lingga, si tio ge ajakan.

Sabenerna mah urang teh ngora keneh, tapi geus loba huis jeung tara mandi, jadi kokoloteun.

Sabenerna mah urang teh kasep, tapi euweuh nu bogoheun, jadi goreng.

Sabenerna mah urang teh hayang hirup ti beurang, tapi sok hese sare ti peuting.

Sabenerna mah urang teh parusing, tapi mbung mabok, sieun utah.

Sabenerna mah urang teh jenuh, tapi teu bisa represing ka gunung atawa ka laut, da euweuh baturna.

Sabenerna mah urang teh romantis, tapi euweuh awewena.

Sabenerna mah urang teh teu bogoh ka si sasha, tapi sok inget wae, padah alus aranna.

Sabenerna mah urang teh betah di imah, tapi carekan wae ku ema urang, pisebeleun.

Sabenerna mah urang teh hayang jalan2 unggal sore muru layung, tapi diuk wae di konter, jadi ngalanglayung mikiran hape.

Sabenerna mah urang teh hayang balik deui ka taun 90an, tapi pintu ajaib doraemon teh bobodoan.

Sabenerna mah urang teh unggal rek sare sok inget ka babaturan hiji2, tapi hoream ngahubungi.

Sabenerna mah urang teh teu resep pisan narima telepon, asa lebay jeung teu epektip, sok teu kadengean sorana.

Sabenerna mah urang teh embung gawe di konter, tapi resep nyo'o android, jadi betah.

Sabenerna mah urang teh hayang cicing di gunung, tapi bisi euweuh warung nu buka 24 jam.

Sabenerna mah urang teh resep momotoran turing ka luar daerah, tapi sieun pulisi da teu boga sim jeung helm na leungit.

Sabenerna mah urang teh resep pisan popotoan, tapi tara manggih objekna.

Sabenerna mah urang teh embung disebut Atu, matak hese neangan Dua na, jadi sorangan wae.

Sabenerna mah urang teh teu resep nguseup, tapi resep ngahuleng nungguan nyurunud disorang lundu.

Sabenerna mah urang teh geus bosen cicing di Karawang, da geus jadi kota, loba motor loba mobil, hese meuntas.

Sabenerna mah urang teh resep pisan maen bola, tapi David Beckham na geus pengsiun.

Sabenerna mah urang teh teu beuki huduk bi nyai, tapi sok ngubaran lapar unggal geus subuh.

Sabenerna mah urang teh geus tunduh, tapi teu daekeun ngalenyap, jadi HESE SARE.

Kamis, 01 Oktober 2015

Tentang Malam

Kamu pasti tahu dan mengalami hidup di tengah malam, kalau belum tahu berarti kamu belum lahir. Di sini dan bersama ini aku mencoba menceritakan sesuatu yang bisa dibilang absurd tentang Malam, bukan tentang kamu dan dia.

Malam adalah kegelapan jika tak ada listrik atau kolaborasi bulan dan bintang di atas sana. Malamlah yang selalu setia menemanimu begadang meskipun tak ada kopi dan rokok, tapi jangan salahkan malam jika kamu merasa ngantuk dan lapar bila bersamanya, mungkin karena kamu tidak minum Bodrex dulu atau belum makan nasi dari pagi.

Setiap orang pasti setuju jika kesunyian terbaik itu berada di tengah-tengah malam, bahkan para pendo'a sejati akan selalu memanjatkan do'anya di waktu sepertiga malam.

Aku dan malam mungkin tak bisa dipisahkan, begitupun kamu. Kita semua selalu melewati malam setiap hari, meski kadang kamu lupa karena ketiduran. Coba dengarkan suara pesta pora binatang-binatang kecil di waktu malam, mereka selalu bernyanyi untuk menghiasi kesunyian, membuat kegelapan malam semakin terasa sunyi, bahkan mencekam.

Namun kini, aku merasa sedih dengan gangguan beberapa suara kepada malam, seperti suara televisi, radio, kendaraan, dan suara kipas angin di kamarku, ada juga suara kentut yang bersahutan antar tetangga. Mungkin itu disebabkan aku tinggal di pinggiran kota, bukan di puncak gunung atau di pedesaan yang jauh dari jalan raya dan tak ada listrik. Aku selalu berharap jadi bagian penduduk desa, atau jadi penjaga gunung bila ada yang mau memberi gaji setiap akhir bulan.

Sepertinya aku harus segera menutup cerita ini, karena aku mulai tergoda oleh rasa ngantuk, dan malam juga akan segera bersembunyi karena tukang nasi uduk mulai mengeluarkan dagangannya, pertanda pagi segera menjelang. Dan ingatlah, jangan bertanya kepadaku tentang indahnya siang, karena aku selalu tidur sampai siang bolong, bahkan bisa menembus sore.

Semoga kita bisa selalu bahagia bersama malam, aamiin.

Senin, 25 Agustus 2014

Ekspedisi Jatiluhur

Siang itu hari minggu 24 Agustus 2014, saya dan teman saya sepulang COD langsung nongkrong di Bendungan Walahar, tapi karena situasinya ramai dan kita merasa kurang nyaman di situ, lalu kita meluncur lagi menuju jalan Maracang arah Purwakarta, tapi bingung mau kemana, haha.

Tiba-tiba saya teringat Jatiluhur sebelah barat, apa salahnya kalo ngebolang ke situ aja, mumpung hari masih siang. Lalu kita balik arah menuju perbukitan Udug Udug karena menurut petunjuk Google Maps rute paling dekat melalui perbukitan Udug Udug, Ciampel. Sambil sesekali melihat Google Maps, kita menyusuri jalan setapak perbukitan, sempat kesasar di perkebunan karena jalan yang ditunjukkan Google Maps adalah jalan lama yang udah ga kepake. Kita juga merasa kelelahan menaiki tanjakan-tanjakan yang curam, sampai ngos-ngosan nafas, fiuhh.

Setelah menaklukan perbukitan, sampailah kita di jalan utama, terlihat papan penunjuk jalan menuju Jatiluhur. Sempat bingung karena diatas perbukitan ada jalan bagus yang udah di cor, dan ternyata kita udah memasuki Kabupaten Purwakarta.

Singkat cerita, kita udah nyampe di bawah bendungan Jatiluhur, tapi saya bingung kalau masuk ke tempat rekreasinya pasti bayar, sementara kita bawa uang pas-pasan. Istirahat sebentar di situ, sambil berfikir ke arah mana lagi tujuan kita. Lalu saya putuskan untuk balik arah lagi, kembali ke jalan yang tadi kita keluar dari perbukitan Udug Udug, dan terus menyusuri jalan itu menuju ke barat, karena saya yakin tembusannya pasti ke Loji, Karawang.

Tanpa disadari, ternyata jalan itu menyusuri tepian danau Jatiluhur, sampai akhirnya kita melihat pemandangan indah, danau Jatiluhur sebelah barat, seperti pantai dikelilingi gunung-gunung kecil, sungguh indah! Subhanalloh.



Setelah puas foto-foto sambil menikmati pemandangan yang tidak biasa itu, lalu kita melanjutkan perjalanan menuju Loji, Karawang. Waktu itu sekitar pukul 16.30 WIB menjelang Sunset.

Dengan sedikit susah payah, Si Jangkrik (Jupiter MX) meraung-raung melintasi jalan bebatuan dan tanjakan-tanjakan perbukitan di kaki gunung. Sempat khawatir ban belakang bocor karena kerikil, tapi Alhamdulillah akhirnya kita selamat sampai di Loji sebelum maghrib, dan langsung meluncur pulang ke Karawang.

Walaupun terasa capek tapi kita puas dengan perjalanan siang itu, tidak disangka-sangka bisa melihat pemandangan danau dan gunung-gunung yang menakjubkan, We Lucky Man! hehe..

Demikian ekspedisi Jatiluhur yang saya lalui, semoga suatu waktu bisa kembali ke tempat itu, amin.

Rabu, 25 Desember 2013

Jupiter MX "New Bolang"

Setelah selama 4 hari saya ga punya motor karena si bolang revo telah saya jual, akhirnya dapat juga motor penggantinya. Yup, Yamaha Jupiter MX, motor idaman saya selama ini. Perjuangan, pencarian, dan kesabaran akhirnya berbuah manis, hari Senin 23 Desember 2013 saya berhasil juga dapat motor itu, walaupun berwarna hitam dengan stripping cokelat, bukan stripping merah.

Waktu itu malam senin, saya dapat sms dari adik ipar, katanya di Facebook Forum Jual Beli Karawang ada yang mau jual Jupiter MX 2009, terus saya langsung scrolling di grup facebook itu dan melihat postingan gambar Jupiter MX yang dimaksud, saya langsung kirim komentar dan kirim inbox ke orang yang mempostingnya, dia bernama Aryo Prabowo. Saya minta ketemuan nanti siang untuk melihat kondisi motornya.

Hari Senin 23 Desember 2013 sekitar pukul 8 pagi saya coba telepon Mas Aryo itu, katanya dia bisa ketemuan pukul 10 di dekat Fly Over Lamaran, lalu saya tunggu sambil berharap semoga kondisi motornya masih bagus.
Pukul 10 teng, saya telpon lagi, katanya dia lagi diperjalanan menuju fly over lamaran, dan dia minta ketemuannya di mesjid sebelah fly over. Saya langsung cabut menuju tempat yang dimaksud berasama adik ipar saya. Setelah sampai depan mesjid saya tunggu sebentar sambil lihat-lihat orang yang bawa motor Jupiter MX stripping cokelat, ternyata Mas Aryo itu ada di halaman mesjid dengan motornya. Saya samperin dan langsung kenalan, sambil ngobrol-ngobrol saya lihat kondisi motornya, dan saya coba jalankan. Ternyata kondisi motornya masih bagus, body yang mulus dan suara mesin juga masih sehat, apalagi dengan knalpot megafon merk NOB1, makin keren aja. Lalu saya tanya harga dan coba menawarnya, dia pengennya 8,5jt seperti yang dia posting di grup facebook tadi malam, saya coba tawar 7,5jt tapi dia ga mau, lalu saya naikkan tawaran jadi 8jt, dan dia bilang mau melepasnya 8,2jt tapi tanpa knalpot racing, jadi dipake knalpot bawaannya lagi. Saya naikan lagi tawaran jadi 8,1jt (dengan knalpot racing) tapi keukeuh dia ga mau. Lalu tanpa banyak omong lagi dia pamitan pulang, dan saya juga pulang dengan perasaan kecewa.

Adik ipar saya bilang, sayang kalau motor itu gak jadi dibeli, mesinnya masih bagus. Sahabat Bolang Rangers juga di Whatsapp pada bilang setuju beli motor itu, saya cuma bisa diam di rumah sambil berharap Mas Aryo itu ngehubungi saya lagi, dan kalau dia gak ada ngehubungi lagi rencananya saya mau jadiin saja harga yang dia mau.
Tewewww, Mas Aryo itu sms saya lagi, dia bilang mau lepas motor itu 8,3jt sama knalpot racingnya. Lalu saya bilang "oke deal", dan saya langsung menuju kontrakannya di daerah johar.
Singkat cerita, saya menuju alamat yang dia beri, dan dia lagi nunggu di depan kontrakannya sambil telepon. Lalu kita masuk ke dalam kontrakannya, tanpa banyak basa basi saya langsung keluarin uang 8,3jt. Dan dia hitung uangnya, lalu dia ngasih dua buah kunci, STNK, BPKB, sepasang spion, dan knalpot bawaan Jupiter MX. Setelah ngobrol sebentar, lalu saya dan adik ipar saya pamit pulang sambil bawa motornya, yesss..!!!!

Saya langsung bawa motor itu ke bengkel, ganti kampas rem depan belakang, ganti oli, dan ganti ban depan. Biayanya habis 375 ribu.

Alhamdulillah, saya merasa senang banget dapat motor idaman ini. Kesabaran dan pencarian sampai ke Bandung, akhirnya dapat juga di daerah yang dekat, kondisi motornya juga masih mulus, sahabat-sahabat saya juga ikut senang, hehee.
Insya Alloh saya akan merawatnya dengan baik, semoga awet, gak sering trouble, dan semoga di perjalanan juga nyaman dan selamat, amin.

Welcome New Bolang, Jupiter MX tahun 2009 warna hitam cokelat dengan plat nomer T 4022 GU.


Sabtu, 21 Desember 2013

Si Bolang Revo

Honda Revo Silver 2008, saya beri nama Si Bolang karena selalu menemani aktivitas saya kemana pun saya pergi. Daerah Kabupaten Karawang dari kota sampai pelosok desa sudah pernah dilaluinya, gunung dan lautan pernah ditaklukkannya. Salut buat Si Bolangku ini.

Selama petualangan saya bersama Si Bolang, belum pernah mengalami masalah di perjalanan, mesin yang masih sehat dan bensin yang irit adalah kelebihannya, kecuali ban bocor, hehe.

Tapi sayang, bodynya yang culun ga cocok buat anak muda, pantasnya buat bapak-bapak tukang ojek, haha. Karena motor ini bukan motor sport, jadi tidak menarik dilihat, apalagi dilihat cewek yang notabene suka sama cowok yang bawa motor sport, seperti Satria FU atau Kawasaki Ninja, sehingga saya berniat menjual Si Bolang dan berganti tunggangan.

Akhirnya pada tanggal 18 Desember 2013 dengan berat hati saya menjualnya dengan harga 5 Juta Rupiah, buat nambahin beli motor Jupiter MX 2010, karena sebelumnya saya sudah punya uang 5 juta juga.

Sedih banget waktu menjual Si Bolang, andai saya punya uang cukup buat beli Jupiter MX, mungkin saya ga akan menjual Si Bolang itu. Sahabat-sahabat bolang saya juga merasa kecewa dengan dijualnya si bolang revo, gak sempat mengadakan perpisahan karena dijualnya juga mendadak. Sorry Honk, Gil, Bed, huhuuu..

Goodbye Bolang Revo..